Berita / Berita

Tos Tuberculosis, Temukan, Obati Dan Sembuhkan Tuberculosis

Berita 24 Maret 2017 07:43:27 WIB Administrator dibaca 48 kali

KEBUMENKAB.GO.ID - Memperingati hari Tuberculosis sedunia yang jatuh pada hari ini (23/3) SSR Tuberculosis HIV  Care Aisyiyah menggelar workshop hari Tuberculosis sedunia. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula PDM. Muhammadiyah, Jalan Indrakila Kebumen ini mengambil tema "Gerakan masyarakat menuju Indonesia bebas tuber culosis".


Dengan menghadirkan narasumber dr. Nugroho Arif Budiyono dari BP4 Kebumen serta ketua SSR Aisyiyah Kebumen Sri Hadi Widi Astuti,  SSR Tuberculosis HIV  Care Aisyiyah  mengajak para peserta yang terdiri dari SSR Aisyiyah,  anggota tim penggerak PKK kabupaten,  kecamatan hingga desa untuk bersama sama bergandeng tangan mewujudkan kebumen bebas Tuberculosis.


Dengan slogan Tos Tuberculosis  yaitu temukan obati dan sembuhkan Tuberculosis,  penyelenggara ingin mengedukasi para peserta bahwa Tuberculosis bisa disembuhkan dan  HIV  bisa dikendalikan.


Kegiatan ini dibuka oleh perwakilan bupati Kebumen yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan dr. Prayit.  Dalam sambutan bupati yang disampaian dr. Prayit, diungkapkan bahwa semua pihak berharap kegiatan ini akan memunculkan sinergitas masyarakat dalam  pemberantasan Tuberculosis di Kebumen.  Terlebih kegiatan edukasi kesehatan ini memberi infromasi kepada masyarakat tentang bahaya Tuberculosis paru.


Selain workshop dalam rangka memperingati hari Tuberculosis sedunia SSR Tuberculosis HIV  Care Aisyiyah  juga menyelenggarakan kegiatan ketuk 1400 pintu rumah masyarakat di 26 kecamatan.  Hal ini sebagai inovasi dalam rangka mencari masyarakat suspect Tuberculosis yang belum terdata.(rtv/nug)