Berita / Berita

Pelatihan Kerajinan Jenitri, Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Administrator 24 Maret 2017 07:41:21 WIB dibaca 97 kali

KEBUMENKAB.GO.ID -  Dalam rangka meningkatkan keterampilan para petani dan pengusaha Jenitri di Kabupaten Kebumen,  Pemerintah Kabupaten Kebumen melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kebumen menyelenggarakan pelatihan kerajinan jenitri.  Acara yang berlangsung di ruang pertemuan Hotel Candisari Karanganyar Kebumen ini diikuti  sekitar 20 orang peserta dari lima kecamatan yaitu Kecamatan Karangsambung,  Karanggayam, Sruweng,  Petanahan dan Kecamatan Kebumen.

Pelatihan  yang rencananya akan diselenggarakan selama 3 hari ini akan membahas mulai dari  pemilihan butir Jenitri,  pengeboran,  merangkai  hingga pemasaran produk Jenitri.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang berasal dari pengusaha kerajinan Jenitri yang telah menekuninya sejak beberapa tahun belakangan ini.  Berbagai bentuk barang yang akan disampaikan yaitu bentuk topi,  peci,  tasbih,  serta miniatur hewan seperti buaya.

Sekretaris Disperindag Kabupaten Kebumen Drajat Tri Wibowo menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat jaringan klaster industri kecil dan menengah di Kabupaten Kebumen, disamping itu juga untuk meningkatkan nilai jual Jenitri yang merupakan sisa sortiran kualitas baik.

Melalui pelatihan ini, masih menurut Drajat Tri Wibowo, peserta pelatihan  mendapatkan  kesempatan untuk meningkatkan nilai ekonomian dari kerajinan Jenitri sehingga lebih menguntungkan para petani. (rtv/nug)